Manhaj Salafy

Bismillah
Assalamu Alaikum

Rubrik ini ditujukan untuk mengulas tentang “manhaj salafy” secara jelas, dan menjawab berbagai kesalahfahaman yang banyak terjadi di masyarakat, agar kesalahan ini tidak terus berlarut-larut menjadi penghalang untuk diterimanya konsep ajaran Islam yang benar ini.
Rubrik ini juga diarahkan untuk menerangkan tentang berbagai hal yang telah ada di masyarakat untuk dibuktikan dan ditimbang dengan alQur’an, alHadits dan hikmah-hikmah dari Ulama asSalafussholeh agar mendapat kejelasan apakah itu benar sebagai bagian dari manhaj salfay ? atau hanyalah penisbatan yang tidak berdasar. 
Istilah “ MANHAJ SALAFY ”
Kata “manhaj” dalam bahasa Arab memiliki arti : jalan dan cara. 
Kemudian menjadi sebuah istilah yang memiliki arti : konsep.
Kata “salaf” dalam bahasa Arab memiliki arti : orang terdahulu ada.
Kemudian menjadi istilah yang memiliki arti : tiga generasi pertama yaitu : Shahabat, Tabiin dan Tabiit Tabiin.
Kata “salafy” merupakan nisbat kepada assalafussholeh dari ketiga generasi tersebut.
Sehigga “manhaj salafy” maksudnya adalah konsep ajaran Islam yang diwariskan dari assalafussholeh.
Istilah “salafy” pada website ini dimaksudkan adalah adalah orang yang dinisbatkan kepada Assalafussholeh karena kesediaannya untuk mengikuti dan mengamalkan ajaran alQur’an dan alHadits sesuai dengan pemahaman asSalafussholeh.
Istilah “Aqidah Salafiyah” maksudnya adalah konsep yang mengumpulkan ajaran aqidah yang menjadi keyakinan assalafussholeh.
Istilah “Akhlaq Salafy” maksudnya adalah konsep yang mengumpulkan ajaran Akhlaq yang menjadi sifat, perilaku dan karakter assalafussholeh.
Istilah “Fiqih Salafy” maksudnya adalah konsep yang mengumpulkan ajaran Ibadah dan muamalah yang menjadi pegangan assalafussholeh.
Istilah “Adab Salafy” maksudnya adalah konsep yang mengumpulkan ajaran sikap dan tata krama yang menjadi sikap dan tata krama assalafussholeh.

Komentar Terbaru

Just load it!