Penyakit Umat

Bismillah Assalamu Alaikum
penyakit umat


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: «سَيُصِيبُ أُمَّتِي دَاءُ الأُمَمِ» فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللّهِ، وَمَا دَاءُ الأُمَمِ؟ قَالَ: «الأَشَرُ وَالبَطَرُ، وَالتَّكَاثُرُ وَالتَّنَاجُشُ فِي الدُّنْيَا، وَالتَّبَاغُضُ وَالتَّحَاسُدُ، حَتَّى يَكُونَ البَغْيُ» رواه الحاكم (4/168 رقم 7311)، وحسنه الألباني رحمه الله في «الصحيحة» (680)

Para periwayat haditsnya:
a.Al-Hakim
b.Abu Hani' Humaid bin Hani' Al-Khulaany
c.Abu Sa'id Al-Ghifary
d.Abu Hurairah radiyallahu 'anhu
Al-Hakim berkata: Sanadnya shohih, dan Adz-Dzahabi menyepakatinya.
Al-Albany berkata: rijalnya (periwayatnya) tsiqat dan merupakan rijalnya Muslim selain Abi Sa'id

Arti kata-kata:
الأَشَرُ    : kufur ni'mat
البَطَرُ    : kelewat batas saat mendapat nikmat, terlalu senang dan bahagia dan selalu merasa kaya
وَالتَّكَاثُرُ    : mengumpulkan harta.
وَالتَّبَاغُضُ وَالتَّحَاسُدُ    : mengharapkan hilangnya ni'mat dari orang lain.
حَتَّى يَكُونَ البَغْيُ    : melampui batas  .
Arti hadits:
Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu ia berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Umatku akan terjangkiti penyakit umat-umat terdahulu" maka mereka bertanya: Wahai Rasulullah, apa saja penyakit umat-umat terdahulu itu? Rasulullah bersabda: "Kufur ni'mat, berlebihan saat mendapat ni'mat, menumpuk harta dan berlebih-lebihan dalam masalah dunia, saling membenci, saling iri hati sehingga ia menjadi orang yang melampuai batas" (HR. Al-Hakim 4/168 no. 7311), dihasankan oleh Al-Albany (As-Shohihah:680)
Pengertiannya:
Hadits ini merupakan ancaman yang berat tentang saling berlomba dalam masalah dunia karena sebenarnya ia merupakan pokok-pokok kehancuran, biangnya kejelekan, sumber fitnah dan menyebabkan menyebarnya kejahatan.
Tujuh dosa atau ancaman ini yang telah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam sebagai "Penyakit Umat" memang benar terdapat pada kebanyakan orang, hingga sampailah perkaranya ke meja hijau sedangkan yang berperkara adalah dua orang saudara, orangtua dan anak-anaknya karena masalah ini atau juga yang lainnya.
Kita hanya meminta pertolongan dan perlindungan kepadanya.

Komentar Terbaru

Just load it!