Saudaraku... Surga Ataukah Neraka Yang Akan Engkau Pilih ?? (2)

Sifat – sifat & Azab – azab di Neraka



 
Azab neraka ada dua jenis yaitu: yang bersifat maknawy dan yang bersifat hissy (bisa dirasakan dengan panca indera.ed).
 
Adapun azab yang bersifat maknawy adalah: kemurkaan yang Alloh berikan kepada penduduk neraka untuk selamanya. Dan yang paling besar adalah mereka terhalang dari melihat wajah Alloh yang mulia. Alloh berfirman:

وَقَالَ الشَّيْطَانُ لَمَّا قُضِيَ الأَمْرُ إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ وَمَا كَانَ لِي عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَمَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ إِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
  
"Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang lalim itu mendapat siksaan yang pedih"(QS. Ibrahim:22)
 
كَلاَّ إِنَّهُمْ عَن رَّبِّهِمْ يَوْمَئِذٍ لّـَمَحْجُوبُونَ * ثُمَّ إِنَّهُمْ لَصَالُو الْـجَحِيمِ * ثُمَّ يُقَالُ هَذَا الَّذِي كُنتُم بِهِ تُكَذِّبُونَ
 
"Sekali-kali tidak, sesungguhnya mereka pada hari itu benar-benar terhalang dari (melihat) Tuhan mereka. Kemudian, sesungguhnya mereka benar-benar masuk neraka. Kemudian, dikatakan (kepada mereka): "Inilah azab yang dahulu selalu kamu dustakan"(QS. Al Muthafifin: 15-17)
 
Sedangkan azab yang bersifat hissy bentuknya sangatlah banyak, antara lain:
 

1. Azab kekal bagi orang kafir, musyrik dan munafik

 
إِنَّ الْـمُجْرِمِينَ فِي عَذَابِ جَهَنَّمَ خَالِدُونَ * لا يُفَتَّرُ عَنْهُمْ وَهُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ
"Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahanam. Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa"(QS. Az Zukhruf: 57-74)
 

2. Neraka ditarik oleh Tujuh Puluh ribu malaikat

 
Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Pada hari itu [hari kiamat] neraka Jahannam didatangkan dengan tujuh puluh ribu tali kekang, setiap tali ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat” (HR. Muslim)
 

3. Pintu – pintu neraka ada 7

 

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ * لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ
"Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah “ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka". (QS. AL Hijr:43-44)
 

4. Dalamnya neraka

 
Dari Abu Hurairoh radhiyallahu ‘anhu berkata: Suatu hari kami sedang bersama Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-tiba-tiba terdengar suara lalu beliau bertanya: “Tahukah kalian apa ini? Abu Hurairoh berkata: Kami menjawab: " Alloh dan rasul-Nya yang tahu. Lalu beliau berkata: "Ini adalah batu yang dilempar ke neraka sejak tujuh puluh tahun yang lalu dan sekarang ia jatuh ke dalam neraka sampai ke dasarnya ” (HR. Muslim)
 

5. Panasnya Api neraka

 
Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Api yang kalian nyalakan ini adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya Jahannam. Para sahabat berkata: "Wahai rasululloh, demi Alloh dengan yang seperti ini saja sudah cukup [panasnya untuk membakar]. Beliau bersabda: "Sesungguhnya neraka itu lebih panas lagi enam puluh sembilan bagian yang kesemuanya itu memiliki derajat panas yang sama ” (HR. Muslim)
 

6. Makanan dan minuman penghuni neraka

 
إِنَّ شَجَرَةَ الزَّقُّومِ * طَعَامُ الأَثِيمِ * كَالْـمُهْلِ يَغْلِي فِي الْبُطُونِ * كَغَلْيِ الْـحَمِيمِ * خُذُوهُ فَاعْتِلُوهُ إِلَى سَوَاءِ الْـجَحِيمِ * ثُمَّ صُبُّوا فَوْقَ رَأْسِهِ مِنْ عَذَابِ الْـحَمِيمِ * ذُقْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْكَرِيمُ
"Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas. Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka. Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang amat panas. Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia"(QS. Ad Dukhon 43-49)
 
وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ شَرَابٌ مِنْ حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْفُرُونَ
"Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka" (QS. Yunus: 4)
 
 
فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الحَمِيمُ * يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالجُلُودُ * وَلَهُمْ مَقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ * كُلَّمَا أَرَادُوا أَنْ يَخْرُجُوا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا فِيهَا وَذُوقُوا عَذَابَ الحَرِيقِ
"Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): Rasailah azab yang membakar ini". (QS. Al Hajj: 19-22)
 

7. Pakaian Penghuni neraka

وَتَرَى الْـمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ مُّقَرَّنِينَ فِي الأَصْفَادِ * سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٍ وَتَغْشَى وُجُوهَهُمُ النَّارُ
"Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka". (QS. Ibrahim: 49-50)
 

8. Dahsyatnya siksa neraka

 
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُواْ الْعَذَابَ إِنَّ الله كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا[النساء: 56]
"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"(QS. An Nisa: 56)
 
إِنَّ اللهَ لَعَنَ الكَافِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا * خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا *يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا الله وَأَطَعْنَا الرَّسُولاْ
"Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka), mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindung pun dan tidak (pula) seorang penolong. Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata: Alangkah baiknya, andai kata kami taat kepada Allah dan taat (pula) kepada Rasul" (QS. Al Ahzab: 64-66)
 
يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ
"(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): Rasakanlah sentuhan api neraka". (QS. Al QomarL 48)
 
Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Sesungguhnya penduduk neraka menangis sampai air mata mereka bisa dilewati oleh kapal-kapal, dan mereka menangis air mata darah bukan air mata biasa ” (HR. Al-Hakim dan beliau menshahihkannya dan disepakati oleh imam Adz-Dzahabi. Dan hadits ini dihasankan oleh imam Al-Albani)
 
 

Tingkatan-tingkatan penduduk neraka

Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Diantara penduduk neraka ada orang yang dibakar api sampai kedua mata kakinya, ada yang terbakar sampai pinggangnya, dan ada yang terbakar sampai punggungnya ” (HR. Muslim)
 
 

Penghuni neraka yang paling rendah siksanya

Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling ringan siksanya diantara penduduk neraka pada hari kiamat adalah seseorang yang bara api diletakkan di telapak kakinya ubun-ubunnya sampai mendidih ” (HR. Muslim)
 
Dan dalam hadits riwayat Muslim dari Ibnu Abbas dinyatakan bahwa siksaan yang paling ringan diderita oleh paman nabi -solallohu alaihi wa sallam-, Abu Thalib.
Akhirnya: setelah penduduk surga masuk surga dan penduduk neraka masuk neraka Alloh ta’ala menyembelih kematian diantara surga dan neraka sebagai pertanda kekalnya masing-masing balasan bagi penduduk surga dan neraka dan tiada lagi kematian setelah itu.
Rosulullah -solallohu alaihi wa sallam-bersabda: “Setelah penduduk surga masuk ke dalam surga dan penduduk neraka masuk ke dalam neraka, lalu didatangkanlah maut dan ditempatkan diantara surga dan neraka, kemudian disembelih dan terdengarlah sebuah panggilan: "Wahai penduduk surga tidak ada lagi kematian, wahai penduduk neraka tidak ada lagi kematian" Maka penduduk surgapun semakin senang sedangkan penduduk neraka semakin bersedih”. (HR. Muslim)
 
Demikianlah sekelumit dari kenikmatan surga dan siksaan api neraka, dan masih banyak lagi tentunya kenikmatan-kenikmatan surga lainnya sebagaimana siksaan-siksaan neraka juga sangatlah banyak. Kita senantiasa memohon kepada Alloh agar menjadikan kita sebagai penghuni surga dan menjauhkan kita dari siksaan api neraka.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ
قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا
 
Oleh: Abu Umair Mahful Safarudin (pengajar di Pesantren Islam Al Irsyad)

Komentar Terbaru

Just load it!